Kamis, 29 Desember 2011

Indonesia, Negara "kaya" Dengan Sejuta Masalah

Indonesia merupakan sebuah negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar, memiliki keanekaragaman suku dan budaya yang sangat kaya, toleransi antar agama yang satu dengan yang lain sangat harmonis, bagi para turis yang berkunjung ke negara ini, selalu memiliki kesan yang sama yaitu "masyarakatnya yang sangat ramah dan murah senyum". Begitu bangganya saya sebagai penduduk asli Indonesia mendengar kesan dari para pelancong antahberantah tersebut. Dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah dan masyarakat yang "ramah dan murah senyum", negara ini bagaikan negara yang sangat sempurna bagi para orang luar yang datang ke Indonesia hanya untuk berlibur.

Tetapi kenyataannya begitu banyak masalah dan cobaan yang dimiliki negara ini mulai dari sebelum adanya hari merdeka taun 1945 sampai dengan sekarang!!
Dengan usia kemerdekaan yang lebih dari 60 tahun, kesejahteraan dan kemakmuran rakyat seakan jalan ditempat! si kaya semakin kaya dan makmur sementara si miskin semakin melarat,tidak dihargai,selalu ditindas serta terpinggirkan.Apa seperti ini yang dinamakan KEMERDEKAAN?!
MERDEKA hanya 1 kata namun dengan makna yang sangat luas. Merdeka bagi saya adalah ketika pengangguran telah punah, orang-orang miskin dan pemulung tak lagi ada, semua orang bisa bahagia menikmati kehidupannya dengan keluarga tanpa adanya beban sedikitpun, dengan kemiskinan dan pengangguran yang lenyap maka akan membuat tindak kriminalitas lenyap selenyap-lenyapnya, setiap orang berhak menentukan jalan hidupnya tanpa ada intervensi dari siapa pun. Namun hingga saat ini detik ini, semua masih berupa keinginan,harapan, dan impian yang sepertinya sangat sulit terwujud bahkan dalam 20 tahun ke depan (menurut saya)...hehehe

Apa mungkin satu-satunya cara untuk membuat Indonesia lebih maju lagi harus dilakukan pemboman besar seperti yang terjadi pada negara Jepang?Apa harus ada musibah terlebih dahulu baru melakukan pembenahan?Apa harus menunggu hingga ada pertikaian dan kerusuhan besar untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat yang sangat buruk?



Indonesia, negara "kaya" dengan sejuta masalah didalamnya, seperti sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi negara ini. Tak pernah ada masalah yang tuntas selesai karena masalah selalu muncul dan semakin buruk saja rupanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar